SELAMAT DATANG DI BLOG ILMU PEMERINTAHAN

SELAMAT DATANG., SEMOGA DENGAN ADANYA BLOG INI KITA DAPAT BERBAGI INFORMASI DAN BERTUKAR PIKIRAN DARI BERBAGAI HAL.." Menjadikan Hidup Lebih Bermakna & Bermanfaat untuk Sesama".

Mengenai Saya

Foto saya
Bung Taufik,Adalah Anak pertama dari dua bersauda,yang lahir dan di besarkan dari Keluarga yang Sederhana,di sebuah kampung Kecil di Kabupaten Paser,Saat ini masih tercatat sebagai salah satu Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Mulawarman,Dan aktif di beberapa Organisasi yang ada di Kaltim.

Rabu, 24 November 2010

PELUANG INVESTASI KOTA BONTANG


PELUANG INVESTASI DAN PERDAGANGAN

Pemerintah Daerah, khususnya Pemerintah Kota Bontang berupaya proaktif dalam mengelola dan memanfaatkan seluruh kekuatan ekonomi potensi di wilayahnya baik yang berupa potensi SDA, SDM maupun sumber daya lainnya untuk menjadi kekuatan ekonomi riil yang dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat.
Faktor penentu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi adalah kegiatan investasi di seluruh sektor baik yang bersumber dari dalam negeri (PMDN) dan Non PMDN maupun dari luar negeri dalam rangka PMA.

Pemerintah Kota Bontang sangat menyadari bahwa Sumber Daya Laut yang dimiliki Kota Bontang masih belum benar - benar dimaksimalkan pemanfaatannya. Untuk itulah perlu suatu pemikiran dan usaha kreatif untuk mengelolanya. Sehingga kemudian tercetuslah suatu gagasan melalui gerakan yang disebut dengan Gerakan Pengembangan Budidaya Ikan (Gerbang Budi).

Gerbang Budi Kota Bontang merupakan kegiatan ekonomi kerakyatan dan sebagai aksi nyata gerakan "pemberdayaan perekonomian rakyat" yang merupakan salah satu bagian prioritas pembangunan Kota Bontang (Peningkatan Infra Struktur, Peningkatan SDM, Pemberdayaan Perekonomian Rakyat, serta Pengelolaan dan Pelestarian Lingkunan Hidup). Dengan kata lain bahwa gerakan ini diharapkan pula dapat menjadi salah satu solusi untuk penanggulangan masalah kemiskian masyarakat perikanan (nelayan dan pembudidaya) di wilayah pesisir, yang pada umumnya tidak mempunyai modal untuk mengembangkan usaha budidayanya.

Peluang investasi yang lain di Kota Bontang yang masih terbuka luas adalah dalam bidang:

-Industri kimia yang mengolah turunan produk LNG,yaitu industri amonium nitrat,asam nitrat, NPK,
  Acrylonitrit dan lain-lain.
-Perdagangan umum dan pusat perdagangan
-Jasa transportasi darat, laut dan udara
-Industri pariwisata, wisata bawah laut dan wisata hutan bakau
-Industri briket batubara
-Industri perikanan yang meliputi usaha penangkapan ikan tuna,pengolahan hasil perikanan dan cold storage
-Usaha budidaya laut dengan orientasi ekspor
-Pembangunan Sarana dan Prasarana Kota Baru "BONTANG LESTARI"
-Pembangunan di daerah kelurahan Guntung sentra kebudayaan Di Bontang dengan Dibangunnya Rumah Adat Kutai

Kekayaan alam yang terhampar luas membentang di Kota Bontang adalah sumber potensial kota ini dalam mewujudkan Bontang Sejahtera, Bontang Lestari andaisaja manusianya dapat secara kretif mengolah dan memanfaatkannya. Terkait masalah minimnya permodalan, pemerintah Kota Bontang akan terus berupaya keras untuk memberdayakan perekonomian di daerah termasuk dibidang penanaman modal (investasi).

Investasi merupakan salah satu variabel yang sangat penting dalam perekonomian suatu negara/daerah. Dengan melalui kegiatan pengembangan investasi diharapkan kapasitas industri akan bertambah dengan menghasilkan peningkatan nilai tambah yang lebih besar.

Pencanangan Gerakan Pengembangan Budidaya Ikan (Gerbang Budi) oleh Pemerintah Kota Bontang adalah potensi dan peluang investasi yang amatlah ideal untuk dilaksanakan di Kota Bontang mengingat tingkat kesesuaian peairan sangat mendukung untuk pengembangan budidaya keramba, baik dari parameter fisik kawasan maupun kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar